Ceritaku · Renungan

Sebuah Analogi tentang Ketidaknyamanan

Ternyata ini sebuah kisah lama yang tertimbun di antara draft blog saya.
Selamat membaca!

Oktober 2013
Kesenangan saya mendengarkan radio ada karena kebiasaan telinga saya mendengar radio jika di rumah. Tadi pagi di rumah sebelum saya kembali ke Bandung saya mendengarkan sebuah kisah inspiratif yang menarik yang disiarkan oleh sebuah stasiun radio di Jakarta. Kisah itu adalah sebuah analogi tentang ketidaknyamanan. Kurang lebih seperti ini:

“Saat kita berjalan-jalan pagi di jalan yang mulus, tanpa lubang, dan tidak ada kendaraan yang mengganggu sama sekali, kita pasti akan merasa sangat nyaman dan tentram. Namun, pada saat itu kita akan kurang kreatif.

Sementara itu, jika kita berjalan-jalan di jalan dengan kondisi yang berlubang-lubang dan dengan ada pula kendaraan yang melintas di jalan itu, maka kita bisa saja merasa tidak nyaman. Akan tetapi, saat itu kita bisa menjadi lebih kreatif. Misalnya, dengan berbagai cara kita akan mengatur langkah kita untuk tetap bisa berjalan dan mengetahui jalan mana yang bisa kita lalui dengan baik.”

Saya merasa analogi itu menarik sekali. Di situasi dan kondisi yang nyaman, aman, dan terkendali, manusia memang dapat sangat menikmati itu. Namun, situasi itu juga yang mungkin bisa menjebaknya dalam ketidakwaspadaan dan ketinggian hati. Di sisi lain, di situasi yang tidak nyaman dan tidak menentu, manusia memang sering merasa tidak suka dan bisa jadi gelisah. Namun, bisa jadi situasi itulah yang membawanya semakin kreatif menyikapi masalah dan mengasah kemampuannya semakin tinggi.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s